Menggunakan fungsi logika “IF” dan contoh penggunaanya

Image
Hai teman-teman... kali ini kita akan mengulas masih seputar ms.Excel yakni fingsi logika " IF " Rumus IF pada Excel Rumus IF atau Fungsi IF adalah fungsi logika pada excel yang digunakan untuk membandingkan dua kondisi atau lebih, fungsi ini sangat sering digunakan dalam skenario untuk menyelesaikan berbagai perhitungan dalam microsoft excel. Fungsi IF bekerja dengan cara cek kondisi dan akan mengembalikan satu nilai yang akan di tampilkan pada cell, jika logika yang di uji bernilai benar (TRUE) maka akan ditampilkan nilai benar, sebaliknya jika kondisi atau logika yang diuji bernilai salah (FALSE) maka akan ditampilkan nilai salahnya. Penulisan Rumus IF Sebelum masuk ke penulisan fungsi atau rumus IF, anda diharapkan terlebih dahulu mengenal operator pembanding yang nantinya akan kita gunakan dalam penulisan rumus IF. = : Sama dengan > : Lebih besar dari < : Lebih kecil dari >= : Lebih besar sama dengan <= : Kurang dari sama dengan <>

Pengenalan Microsoft word 2010, Menu dan Fungsi menu Ms word 2010

Hai Teman- teman....
kali ini kita akan membahas mengenai ms. word .Ada banyak versi ms. word seperti 2003,2007, 2010,2013,2016,2017, dan 2019 tapi, kali ini kita akan sedikit mengulas tentang ms.word 2010


Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata ( word processor ) yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label, membuat table pada dokumen, dan masih banyak lagi dokumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word.

Sebelum memulai mengoperasikan Microsoft Word, ada baiknya jika kita mengenal beberapa istilah yang akan dipakai dalam paket latihan. Di antaranya adalah istilah screen layout (tampilan layar), menu toolbar. Microsoft Word akan menampilkan file tersebut dengan nama document 1, 2, 3 dan seterusnya.

Istilah menu yang digunakan dalam Microsoft Word mempunyai pengertian yang hampir sama dengan pengertian menu menu dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam menu ini, terdapat beberapa perintah yang dapat kita pilih dengan menyorot perintah tersebut pada baris.



 Tab Menu dan Fungsi Pada Microsoft Word 2010

     A. Tab Home

 Tab Home 1

Tab Home pada Microsoft Word 2010 maka akan tampil Ribbon yang terdiri dari beberapa Group, diantaranya yaitu: Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing.

  


     B. Tab Insert

Tab Insert kegunaannya untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dibuat. Baik berupa objek gambar, shape, tabel, dan karakter spesial (symbol). Bahkan mungkin dengan Tab Insert tersebut, pengguna bisa menyisipkan link ke file yang berada diluar dokumen, bahkan ke internet

   

C. Tab Page Layout




.Tab Page Layout ini digunakan untuk mensetting halaman dari lembar kerja tersebut

  

D. Tab Reference


Tab-References-Word-1


Tab References sendiri secara umum berfungsi untuk melakukan pengaturan yang berhubungan dengan sumber acuan atau rujukan dalam penulisan berbentuk buku. Contoh penulisan berbentuk buku itu sendiri seperti skripsi, karya tulis ilmiah, makalah, paper, proposal, modul dan yang sejenisnya.  



E. Mailings


 Secara umum Tab Mailings ini berfungsi untuk membuat surat secara massal dengan format dan isi yang sama namun pada tujuan yang berbeda.


    F. Tab Review 


Tab Review ini secara umum berfungsi untuk memeriksa kesalahan data dan dapat juga digunakan untuk memproteksi dokumen. Group-group  yang terdapat pada ribbonnya berisi ikon-ikon berguna untuk mengkaji ulang dokumen, seperti: memeriksa ejaan, mengganti penggunaa bahasa, terjemahan bahasa, menyisipkan komentar, dan sebagainya.


    G. Tab View


  

Tab View secara umum berfungsi untuk mengatur tampilan dokumen pada layar, pengaturan tampilan tersebut di antaranya adalah tampilan halaman yang sesuai dengan pencetakan, tampilan garis bantu, perbesaran tampilan dokumen, bermacam-macam tampilan jendela Word pada Group Window, tampilan untuk mengelola macro dan masih banyak lagi tampilan-tampilan yang perlu dipelajari dari Tab View ini.

A. Menu Bar

 Hasil gambar untuk gambar menu bar 2010





Toolbar menyediakan beberapa tombol sederhana yang dipakai untuk mengakses sebuah perintah yang tertulis pada menu. Cara memakainya yaitu dengan menekan tombol-tombol pada toolbar tersebut.



B. Toolbar Standar



Keterangan :

a. NEW : Membuka jendela dokumen baru.

b. Open : Membuka/menampilkan dokumen yang sudah tersimpan.

c. Print : Mencetak dokumen.

d. Print Preview : Menampilkan hasil cetakan dilayar.

e. Spelling : Memeriksa ejaan.

f. Save : Menyimpan dokumen.

g. Cut : Menghapus.

h. Copy : Mengkopi ke bagian luar.

i. Paste : Menyisipkan isi ke bagian luar.

j. Undo : Membatalkan perintah/pengetikan sejumlah karakter.

k. Redo : tidak jadi membatalkan perintah/pengetikan sejumlah karakter.

l. Auto Format : Memformat secara otomatis.

m. Insert Table : Menyisipkan table.

n. Insert MS Excell : Menyisipkan lembar kerja MS excel.

o. Columns : Membuat naskah berkolom/table.

p. Drawing : Memunculkan/menyembunyikan drawing toolbar.

q. Show Hidden : Memunculkan/menyembunyikan paragraph.

r. Zoom Control : Mengatur besar kecilnya tampilan.



C. Toolbar format





Keterangan

a. Style : Mengganti style paragraph.

b. Font : Memilih jenis huruf.

c. Bold : Untuk menebalkan huruf atau teks.

d. Italic : Untuk memiringkan huruf atau teks.

e. Underline : Untuk menggaris bawah huruf atau teks.

f. Alght right : Teks rata kanan.

g. Alignn left : Teks rata kiri.

h. Center : Teks rata kiri.

i. Justify : Teks rata kiri rata kanan.

j. Numbering : Memberikan nomor pada awal paragraph.

k. Bullets : Memberikan tanda pada awal paragraph.

l. Decrease indent : Menggeser indentasi kiri.

m. Increase indent : Menggeser indentasi kanan.      

n. Border : Menampakkan/menyembunyikan toolbar garis.



d. Drawing toolbar




Keterangan

a. Line : Membuat garis.

b. Arrow : Membuat garis panah.

c. Rectangle : Membuat kotak empat persegi panjang.

d. Ellips : Membuat lingkaran.

e. Texs book : Membuat teks dalam kotak.

f. Word Art : Membuat variasi tulisan.

g. Fill color : Warna isian.

h. Clip Art : Memasukkan gambar.

i. Line Color : Warna garis.

j. Font Color : Warna pada huruf.

k. Line Style : Bentuk garis.

l. Dash Style : Merubah bentuk garis.

m. Arrow Style : Macam-macam garis panah.

n. Shadow : Membentuk bayangan pada gambar objek.

o. 3-D : Membentuk objek menjadi tiga dimensi. 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Drop Cap, Columns, Header & Footer, Clip Art dan Watermark, Page border, smart art, Footnote dan Comment

Teknik dan panduan membuat kutipan dengan citation dan daftar pustaka dengan bibliography